Langsung ke konten utama

Strategi PR, Peminat customer membeli KFC, Media iklan yang di pakai

Strategi Marketing PR KFC

• Kesempurnaan resep masakan
KFC selalu menyempurnakan cita rasanya setiap saat untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan atau konsumennya. Cita rasa yang selalu disempurnakan tersebut merupakan inovasi untuk tetap menjadi yang terdepan dari jajaran makanan cepat saji. Inovasi yang disempurnakan ini mampu menciptakan kreasi menu baru yang beragam dengan tidak melupakan ciri khas dari KFC.

• Pemilihan Lokasi
KFC di bangun dengan penempatan lokasi yang strategis sesuai dengan mobilitas masyarakat. Sebagian besar KFC didirikan pada daerah yang memiliki mobilitas masyarakat yang tinggi. Dengan pemilihan lokasi yang tepat itu diharapkan konsumen bisa menjangkau counter KFC dengan mudah.

• Strategi harga
KFC menerapkan strategi harga dengan memberikan berbagai penawaran harga yang menarik kepada konsumennya. Di antara strategi ini adalah dengan memberikan paket harga yang sangat menarik dan menguntungkan bagi konsumennya.

• Partnership dengan perusahaan lainnya
Salah satu bentuk kerjasama yang dilakukan KFC adalah dengan merangkul beberapa industri music untuk bekerjasama sehingga melalui music KFC bisa berpromosi baik untuk kalangan remaja maupun dewasa. Selain itu dalam hal promosi ini KFC memberikan hadiah kepada konsumen dengan beberapa CD music yang telah di buat dari kerjasama tersebut. Inilah mengapa sampai saat ini KFC tetap selalu terdepan dalam segi apapun.

Kfc juga memanfaatkan media televisi,radio untuk mempromosikan produk mereka dengan cara memasang iklan.yang tentunya dengan cara ini sangat efektif untuk membuat masyarakat penasaran dengan rasa makanan atau minuman yang ditawarkan terutama untuk menu baru.

Tentu dengan dilakukannya strategi pemasaran tersebut sangat berdampak positif terhadap perusahaan KFC diantaranya,semakin banyaknya konsumen yang membeli,semakin setianya konsumen-konsumen yang sebelumnya sudah percaya akan cita rasa produk kfc dan tentunya hal itu membuat omset KFCpun meningkat,sehingga hingga saat ini masih banyak orang yang mengandalkan menu kfc sebagai menu makan mereka saat di luar rumah ataupun untuk makan di rumah melalui pesan antar kfc. Oleh karenanya, perusahaan KFCpun hingga kini masih terus bertahan dalam persaingan restoran-restoran makanan cepat saji.

Penulis :
-Mayang syafa
-Yohana Paulina


Minat pembeli customer pada KFC 

Haii , kembali lagi dengan saya Mei dikesempatan kali ini saya akan coba sedikit mengulas tentang minat costumer pada restoran cepat saji KFC apa aja sih faktor yang dapat membuat seseorang hingga dapat membeli sesuatu, nah langsung saja dibaca yaaa..

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian

Proses keputusan konsumen untuk membeli suatu produk dipengaruhi olehbeberapa faktor seperti yang dijelaskan dalam teori perilaku konsumen oleh Engel, Blackwell dan Miniard (1994). Proses keputusan pembelian tersebutditentukan oleh tiga hal pokok yaitu input informasi, proses informasi dan faktor-faktor yang menentukan proses keputusan.Input informasi dan proses informasi merupakan pengaruh rangsanganpemasaran yang dilakukan oleh para pemasar dengan tujuan agar konsumenEvaluasialternatif Niat pembelian Faktor situasiyang tidak diantisipasiPendirianorang lain Keputusan pembelian,

memperoleh pengertian yang baik dan benar mengenai produk-produk yang dipasarkan nya. Bagaimana rangsangan pemasaran tersebut dapat mempengaruhi proses keputusan konsumen tergantung dari proses informasi yang terjadi danpersepsi yang ada dalam diri konsumen tentang produk tersebut. Sementarafaktor-faktor yang menentukan keputusan pembelian pada konsumen terdiri daripengaruh lingkungan, perbedaan individu dan proses psikologis konsumentersebut (Engel, Blackwell dan Miniard, 1994). jadi bisa dikatakan pembeli Kentucky Fried Chicken (KFC) secara tidak langsung mencari informasi terlebih dahulu dengan produk KFC yang akan dbeli


Pengaruh Lingkungan

Pengaruh lingkungan memiliki peranan yang cukup besar terhadapperilaku konsumen. Informasi yang lengkap mengenai faktor-faktor lingkunganyang mempengaruhi perilaku konsumen memberikan masukan yang sangat berartiterhadap strategi pemasaran sebuah perusahaan. Faktor lingkungan ini terdiri daribudaya, kelas sosial, pengaruh pribadi, keluarga dan situasi.

Budaya
Dalam studi perilaku konsumen, budaya mengacu pada nilai, gagasan,artefak dan simbol-simbol lain yang bermakna membantu individu untuk berkomunikasi, melakukan penafsiran dan evaluasi sebagai anggota masyarakat(Engel, Blackwell dan Miniard, 1994). Budaya mempengaruhi perilaku konsumendalam tiga faktor yaitu (a) budaya mempengaruhi struktur konsumsi, (b) budayamempengaruhi bagaimana individu mengambil keputusan, dan (c) budaya adalahvariabel utama dalam penciptaan dan komunikasi makna dari sebuah produk, contoh nya ketika seseorang berteman dengan orang yang memiliki budaya yang suka maka makanan cepat saji dan mempunyai pengaruh besar dalam pertemanan tersebut, secara tidak langsung dapat dipastikan orang yang berteman dengan nya akan membli produk KFC juga

Kelas Sosial
Kelas sosial adalah pembagian di dalam masyarakat yang terdiri dariindividu-individu yang berbagi nilai, minat dan perilaku yang sama. Kelas sosial

44tidak ditentukan oleh faktor tunggal seperti pendapatan tetapi merupakankombinasi dari pekerjaan, pendapatan, pendidikan, kekayaan dan variabel lainnya.Kelas sosial memperlihatkan preferensi dan pemilihan merek yang berbeda-bedadalam berbagai kategori produk tertentu, seperti pakaian, perabotan rumah,kegiatan waktu luang dan kendaraan. Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa msayarakat yang memiliki kelas sosial yang tinggi akan memperhatikan tempat makan yang akan dipilih dan dengan harga yang tidak terlalu murah dan tentunya restotan cepaat saji.

Pengaruh Pribadi

Pengaruh pribadi kerap memainkan peranan penting dalam pengambilan keputusan konsumen, khususnya bila ada tingkat keterlibatan yang tinggi danresiko yang dirasakan dari produk atau jasa memiliki visibilitas publik. Hal inidiekspresikan baik melalui kelompok acuan maupun melalui komunikasi lisan.Pemasar dapat memanfaatkan pengaruh pribadi dengan memonitorkomunikasi lisan dan berusaha mengendalikannya bila komunikasi itu bersifatnegatif. Strategi lain mencakup menciptakan pemberi pengaruh yang baru,menstimulasi pencarian informasi melalui sumber ini, mengandalkan sepenuhnyapada pengaruh antar pribadi untuk mempromosikan produk dan memerangikomunikasi lisan yang negatif. Contoh nya sesorang yang sudah pernah mencoba produk KFC suatu saat ada keinginan kembali untuk membeli produk tersebut baik produk baru maupun produk yang pernah dibeli.

Keluarga

Menurut Engel, Blackwell dan Miniard (1994), keluarga adalah kelompok yang terdiri atas dua orang atau lebih yang dihubungkan melalui darah,perkawinan atau adopsi dan yang tinggal bersama. Keluarga memainkan perananterbesar dan terlama dalam pembentukan sikap dan perilaku manusia. Oleh karena itu manajemen pemasaran berkepentingan mempelajari perilaku anggota keluarga,terutama dalam melakukan pembelian barang dan jasa untuk memenuhikebutuhannya. Contoh keluarga dapat

Situasi

Situasi dapat memberikan pengaruh yang kuat dalam perilaku konsumen.Pengaruh situasi ini dapat timbul dari lingkungan fisik (sifat nyata yangmerupakan situasi konsumen), lingkungan sosial (ada tidaknya orang lain dalamsituasi bersangkutan), waktu (sifat sementara dari situasi), tugas (tujuan atausasaran tertentu yang dimiliki konsumen dalam situasi) dan keadaan anteseden(suasana hati dan kondisi sementara konsumen). Contoh ketika sesorang dalam keadaan yang sedang berpergian dan dalan keadaan belum makan, dari situasi tersebut dapat berpengaruh dalm situasi minat konsumen untuk dapat membeli produk KFC

Media Iklan yang di pakai dan alasannya

Kenapa memilih iklan di youtube???
Tau gak si kalian?? Peningkatan Youtube di Indonesia dari tahun ke tahun mencapai 600% berdasarkan kuartal ketiga 2015 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pertumbuhan ini 3 kali lebih besar dari negara lain di Asia Pasifik. Mayoritas orang mengakses YouTube melalui smartphone dan rata-rata menghabiskan waktu selama 30 menit.

YouTube pun bisa menggabungkan fitur yang memungkinkan sebuah bisnis untuk mempromosikan video mereka kepada orang-orang yang mungkin tertarik dengan bisnis tersebut, menargetkan customer dengan demografi, topik, atau minat. Dan jika kita sudah melihat pertumbuhan YouTube yang semakin meningkat setiap tahunnya apalagi di Indonesia saat ini, sekarang kita dapat membayangkan jika social media yang satu ini digunakan sebagai sarana bisnis. Maka dari itu sangat efektif bila kita bisa mengiklankan bisnis kita di youtube.
Wow! Menggiurkan kan? Sudah pasti dong hehe!

Namun sebelum itu kita harus mengetahui benefit apa yang kita dapatkan jika menggunakan YouTube untuk berbisnis dibandingkan media lainnya, yuk kita simak berikut beberapa benefit nya:
Yang pertama, kita bisa meningkatkan brand awareness produk kita kepada audience di seluruh dunia dan kita pun bisa memilih target audiens yang kita tentukan sesuai dengan produk yang di iklankan. Yang dimana KFC bisa di promosikan ke seluruh dunia melalui iklan di youtube dimana iklan tersebut bisa berisi tentang promo yang sedang berlangsung ataupun menu baru yang baru di keluarkan oleh KFC. Yang kedua, beriklan di youtube dapat memberikan peningkatan traffic kunjungan ke suatu situs e-commerce hingga persentase 20% wah mantap ya. yang ketiga, kita bisa mengukur kesuksesan kita dari pengiklanan tersebut. Dan yang terakhir biaya iklan di youtube sangat terjangkau loh dimana kita hanya harus membayar ketika iklan video kita ditonton oleh audiens, yaitu dimana kalau iklan kita ditonton selama dari 30 detik atau keseluruhannya(mana yang lebih singkat). Jika iklan kita muncul namun dilewatkan(skip), jadi perusahaan kita tidak perlu membayar biaya. Dengan pembayaran seperti ini, kita tidak membuang uang iklan perusahaan kita kepada orang-orang yang tidak tertarik dengan iklan kita.

Nah itu dia beberapa alasan kenapa perusahaan kita memilih menggunakan youtube sebagai media iklan di perusahaan kita.

Penulis : maria kristina

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4P KFC

Yuk,Telusuri 4P dari KFC Haii semuanya.. sekarang ini yukk kita pelajari 4P (Promotion,Place,Product, Price) dari KFC,. Tapi sebelumnya, yuk kita cari tahu dulu pengertian umum dari 4P pada Marketing PR : 1.        Product Menurut Teori produk adalah semua bentuk yang ditawarkan ke pasar untuk di konsumsi atau digunakan oleh konsumen sehingga memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Bentuk kebutuhan atau keinginan itu dapat berupa bentuk Fisik ataupun jasa. Adapun pengertian produk yang lain adalah suatu yang di produksi perusahaan yang akan di distribusikan. Kualitas suatu produk haruslah sangat bagus supaya produk tersebut dapat bersaing dipasaran. 2. Price (Harga) Harga yang dimaksud disini adalah jumlah uang yang harus di berikan customer kepada perusahaan untuk mendapatkan produk yang mereka inginkan. Pada poin ini perusahaan kalian harus berfikir bagaimana cara agar perusahaan kalian dapat membuat customer merasa uang yang mereka be...

SWOT KFC

haihaihai tak kenal maka tak sayang hehe... Perkenalin nama saya maria kristina sering dipanggil itin, Dalam blog ini saya akan mengnalisis SWOT restaurat cepat saji  KFC, Check it out. KFC sebagai perusahaan yang cukup besar dan terkenal di Indonesia, tentu memerlukan adanya analisis SWOT untuk memberikan kemudahan dalam mewujudkan visi dan misinya. Oleh karena itu, saya tertarik untuk melakukan analisis SWOT terhadap Perusahaan KFC   Tujuan Analisis SWOT Analisis SWOT mengarahkan analisis strategi dengan cara memfokuskan perhatian pada kekuatan ,kelemahan ,peluang dan ancaman yang merupakan hal yang kritis bagi keberhasilan perusahaan. Maka perlunya identifikasi terhadap peluang dan ancaman yang dihadapi serta kekutan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan melalui telaah terhadap lingkungan usaha dan potensi sumber daya perusahaan dalam menetapkan sasaran dan merumuskan strategi perusahaan yang realistis dalam mewujudkan misi dan visinya. Yuk kita mulai ... Analisi...

AIDA KFC Choco Chick Spicy Chicken

Yeaay balik lagi nihh sama gue Mei, yang pada kesempatan kali ini bakal sedikit ngebahas tentang salah satu makanan cepat saji yang digemari diseluruh kalangan masyarakat Indonesia. Yes! Bener banget gue mau ngejelasin AIDA dari Restoran KFC( .... penasaran kan??? Yukk kita ulas sedikit tentang asal muasalnya . KFC (dulu dikenal dengan nama Kentucky Fried Chicken) adalah suatu merek dagang waralaba dari Yum! Brands, Inc., yang bermarkas di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat. Didirikan oleh Col. Harland Sanders, KFC dikenal terutama karena ayam gorengnya, yang biasa disajikan dalam "timba" (bucket) dari kertas karton. Col. Sanders mulai menjual ayam gorengnya pada tahun 1939 di restoran miliknya pada tepi jalan di Corbin, Kentucky yang selanjutnya pindah ke sebuah motel. Ia menutup usahanya pada akhir 1940-an sewaktu jalan tol Interstate melalui kotanya. Pada awal 1950-an, ia mulai berkeliling Amerika Serikat dan bertemu dengan Pete Harman di Salt Lake City, Utah, dan pa...