Yuk,Telusuri 4P dari KFC
Haii semuanya.. sekarang ini yukk kita pelajari 4P (Promotion,Place,Product, Price) dari KFC,. Tapi sebelumnya, yuk kita cari tahu dulu pengertian umum dari 4P pada Marketing PR :
1. Product
Menurut Teori produk adalah semua bentuk yang ditawarkan ke pasar untuk di konsumsi atau digunakan oleh konsumen sehingga memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Bentuk kebutuhan atau keinginan itu dapat berupa bentuk Fisik ataupun jasa. Adapun pengertian produk yang lain adalah suatu yang di produksi perusahaan yang akan di distribusikan. Kualitas suatu produk haruslah sangat bagus supaya produk tersebut dapat bersaing dipasaran.
2. Price (Harga)
Harga yang dimaksud disini adalah jumlah uang yang harus di berikan customer kepada perusahaan untuk mendapatkan produk yang mereka inginkan. Pada poin ini perusahaan kalian harus berfikir bagaimana cara agar perusahaan kalian dapat membuat customer merasa uang yang mereka berikan itu sebanding dengan produk yang dia dapatkan atau dalam istilah bahasa inggris yaitu Worth It.
3. Place (Saluran Distribusi)
Berhasil atau tidaknya suatu strategi marketing ditentukan juga oleh saluran distribusi(place). Di dalam marketing mix saluran distribusi menempati posisi krusial. Saluran distribusi sendiri yaitu kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk membuat jasa atau produk nya mudah di peroleh oleh customer. Perusahaan haruslah memperhatikan kemudahan akses dan ketersediaan produk pada outlet, karna tujuan dari distribusi sendiri ialah menyediakan produk dan jasa untuk konsumen pada tempat dan waktu yang tepat.
4. Promotion (Promosi)
Promosi adala sebuah upaya membujuk untuk mengajak konsumen untuk menggunakan produk atau pun jasa yang di tawarkan oleh perusahaan.
Nahh.. sekarang saya akan memberi tahu 4P yang ada di KFC :
Menurut Teori produk adalah semua bentuk yang ditawarkan ke pasar untuk di konsumsi atau digunakan oleh konsumen sehingga memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Bentuk kebutuhan atau keinginan itu dapat berupa bentuk Fisik ataupun jasa. Adapun pengertian produk yang lain adalah suatu yang di produksi perusahaan yang akan di distribusikan. Kualitas suatu produk haruslah sangat bagus supaya produk tersebut dapat bersaing dipasaran.
2. Price (Harga)
Harga yang dimaksud disini adalah jumlah uang yang harus di berikan customer kepada perusahaan untuk mendapatkan produk yang mereka inginkan. Pada poin ini perusahaan kalian harus berfikir bagaimana cara agar perusahaan kalian dapat membuat customer merasa uang yang mereka berikan itu sebanding dengan produk yang dia dapatkan atau dalam istilah bahasa inggris yaitu Worth It.
3. Place (Saluran Distribusi)
Berhasil atau tidaknya suatu strategi marketing ditentukan juga oleh saluran distribusi(place). Di dalam marketing mix saluran distribusi menempati posisi krusial. Saluran distribusi sendiri yaitu kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk membuat jasa atau produk nya mudah di peroleh oleh customer. Perusahaan haruslah memperhatikan kemudahan akses dan ketersediaan produk pada outlet, karna tujuan dari distribusi sendiri ialah menyediakan produk dan jasa untuk konsumen pada tempat dan waktu yang tepat.
4. Promotion (Promosi)
Promosi adala sebuah upaya membujuk untuk mengajak konsumen untuk menggunakan produk atau pun jasa yang di tawarkan oleh perusahaan.
Nahh.. sekarang saya akan memberi tahu 4P yang ada di KFC :
1. Pada brand KFC ini, produk yang ditawarkan cukup banyak dan beragam. Namun, seperti pada yang kita ketahui bahwa Kentucky Fried Chicken atau yang biasa kita kenal KFC adalah brand yang menjual produk makanan cepat saji,dan produk yang unggul dalam brand ini adalah ayam nya yang sudah terkenal khususnya di Indonesia yang banyak digandrungi oleh banyak masyarakat khususnya kalangan remaja-dewasa. Banyak dari kita kalangan millenial yang malas untuk memasak dan lebih memilih untuk pergi dan makan diluar rumah. Dan salah satu tujuan destinasi favorit mereka untuk menikmati makanan adalah KFC, karena KFC ini merupakan salah satu brand yang menjual produk ayam yang begitu terkenal. Tidak hanya ayam nya saja, KFC juga menjual berbagai jenis makanan lain seperti salad, burger, float, ice cream, soup, dan masih banyak varian yang dijual oleh KFC yang membuat nama KFC dikenal oleh masyarakat Indonesia hampir di seluruh kalangan.
- Produk Awal KFC : Produk ayam yang dijual KFC merupakan produk andalan dari brand ini, dari nama nya saja sudah terlihat jelas bahwa perusahaan ini menjual produk ayam. Awal mula KFC ini terbentuk dari seorang koki bernama Col. Harland Sanders mulai menjual ayam gorengnya pada tahun 1939 di restoran miliknya pada tepi jalan di Corbin, Kentucky yang selanjutnya pindah ke sebuah motel. Ia menutup usahanya pada akhir 1940-an sewaktu jalan tol Interstate melalui kotanya. Pada awal 1950-an, ia mulai berkeliling Amerika Serikat dan bertemu dengan Pete Harman di Salt Lake City, Utah, dan pada tahun 1952 bersama-sama mendirikan restoran Kentucky Fried Chicken yang pertama di dunia (restoran pertamanya tidak menggunakan nama tersebut). Produk ayam yang dijual KFC ini terkenal dengan menggunakan 11 bumbu rahasia yang membuat rasa dari ayam KFC ini berbeda dari ayam tepung lainnya. Selain ayam goreng, KFC juga awalnya menjual kentang goreng yang juga sama-sama menggunakan 11 resep rahasia. Selain ayam dan kentang goreng, KFC juga menjual produk lain seperti spaghetty, soup & cream soup, perkedel, burger yang dikemas dalam varian produk “goceng”. Juga jenis ice float dengan beberapa varian rasa seperti mangga,leci,mocca,dll. Selain itu juga, KFC sempat booming dengan produk “Yakiniku” yakni produk sejenis bento (Makanan seperti bekal) yang sekarang kurang dinikmati karena mungkin harga yang tidak sebanding dengan isi produknya.
- Produk Baru KFC : pada awal 2017 kemarin, KFC mulai meluncurkan produk baru mereka yaitu “Zuper Krunch” varian burger terbaru mereka selain sebelumnya mereka menjual produk burger dalam varian produk “goceng”. Yang dimana juga produk burger KFC ini cukup menarik perhatian masyarakat karena dengan ciri khas KFC yang membuat daging pada burger nya menggunakan slice ayam goreng tepung khas KFC.
2. Harga yang dibuat oleh KFC dalam menjual produknya menurut saya cukup murah dan dapat diterima oleh masyarakat Indonesia. Seperti yang tertera pada gambar dibawah ini dimana harga yang ditonjolkan dari KFC adalah mereka murah terhadap produk yang dipaketkan (beberapa produk yang dijadikan satu) yang menjadi minat tersendiri untuk masyarakat Indonesia yang menurut saya sangat suka dengan makanan yang banyak namun tidak menguras kantong terlalu banyak. Juga, KFC merupakan brand makanan yang ramah keluarga, karena KFC banyak memiliki varian dan jenis makanan yang dapat dinikmati oleh seluruh kalangan mulai dari anak-anak hingga orangtua dan pas di lidah masyarakat Indonesia, dan tentunya pas di kantong masyarakat Indonesia. Dan juga, porsi serta harga jual dari KFC yang menurut saya sangat pas dengan keadaan masyarakat Indonesia, yang menjadikan KFC brand makanan cepat saji terkenal di kalangan masyarakat Indonesia.
3. Penempatan outlet KFC juga terbilang cukup strategis, karena banyak cabang KFC yang ada di Indonesia terdapat di beberapa lokasi strategis yang memiliki konsumen banyak seperti di pusat kota, beberapa lokasi yang memang banyak dikunjungi masyarakat, juga terdapat di dalam mall-mall di Indonesia. Karena hal ini, KFC menjadi salah satu brand makanan cepat saji yang sangat berpengaruh di Indonesia.
4. Promosi yang dijalankan oleh KFC sangat baik, dan KFC juga termasuk salah satu produk makanan cepat saji yang sangat sering melakukan promosi dengan potongan harga atau paket hemat dalam rangka peringatan hari-hari tertentu seperti paket hemat berbuka puasa, paket hemat dalam rangka mengeluarkan jenis varian produk baru yang bisa kita lihat di beberapa foto berikut ini.
Beberapa promosi juga dilakukan oleh KFC dengan mengadakan iklan di TV, bekerja sama dengan beberapa artis Indonesia dalam proses penjualan album mereka yang digabungkan dalam paket hemat produk KFC, dan sebagainya.
Penulis : Yohana P.
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar