Langsung ke konten utama

SWOT KFC

haihaihai tak kenal maka tak sayang hehe...
Perkenalin nama saya maria kristina sering dipanggil itin, Dalam blog ini saya akan mengnalisis SWOT restaurat cepat saji  KFC,
Check it out.

KFC sebagai perusahaan yang cukup besar dan terkenal di Indonesia, tentu memerlukan adanya analisis SWOT untuk memberikan kemudahan dalam mewujudkan visi dan misinya. Oleh karena itu, saya tertarik untuk melakukan analisis SWOT terhadap Perusahaan KFC

 Tujuan Analisis SWOT
Analisis SWOT mengarahkan analisis strategi dengan cara memfokuskan perhatian pada kekuatan ,kelemahan ,peluang dan ancaman yang merupakan hal yang kritis bagi keberhasilan perusahaan. Maka perlunya identifikasi terhadap peluang dan ancaman yang dihadapi serta kekutan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan melalui telaah terhadap lingkungan usaha dan potensi sumber daya perusahaan dalam menetapkan sasaran dan merumuskan strategi perusahaan yang realistis dalam mewujudkan misi dan visinya.

Yuk kita mulai ...
Analisis SWOT Perusahaan KFC

a. Profil Perusahaan

PT Fastfood Indonesia Tbk. adalah pemilik tunggal waralaba KFC di Indonesia, didirikan oleh Gelae Group pada tahun 1978 sebagai pihak pertama yang memperoleh waralaba KFC untuk Indonesia. Perseroan mengawali operasi restoran pertamanya pada bulan Oktober 1979 di Jalan Melawai, Jakarta, dan telah memperoleh sukses. Kesuksesan outlet ini kemudian diikuti dengan pembukaan outlet-outlet selanjutnya di Jakarta dan perluasan area cakupan hingga ke kota-kota besar di Indonesia.


b. Visi dan Misi perusahaan

Visi
Selalu menjadi merek restoran cepat saji Nomor 1 di Indonesia dan mempertahankan kepemimpinan pasar dengan menjadi restoran yang termodern dan terfavorit dalam segi produk, harga, pelayanan, dan fasilitas.

Misi
Semakin memperkuat citra merek KFC dengan strategi-strategi dan ide-ide yang inovatif, terus meningkatkan suasana bersantap yang tiada bandingannya dan konsisten memberikan produk, layanan, serta fasilitas restoran yang selalu berkualitas mengikuti kebutuhan dan selera konsumen yang terus berubah.

Dari keterangan profil perusahaan di atas , berikut analisis SWOT :

A. Strength (Kekuatan)
1.     Sebagai pelopor penyedia makanan cepat saji.
2.     Memiliki cabang di seluruh Indonesia,sehingga daerah pemasarannya cukup luas.
3.     Memiliki manajemen produksi yang cukup baik.
4.     Memiliki brand resmi yang terkenal di seluruh dunia.
5.     Pelayanan yang cepat dan ramah.
6.     Disukai oleh banyak kalangan masyarakat.
7.     Rasa yang khas dan lezat.
8.     Dibuat dari ayam kualitas terbaik.

B . Weakness (Kelemahan)
1.  Kurang memperhatikan nilai gizi.

C. Opportunity (Peluang)
1.     Mengembangkan jenis varian yang lain,antara lain dalam bentuk penyajian dan rasa yang baru.
2.     Bisa dijadikan bisnis waralaba yang bisa menjadi pemasukan dari menjual brand dan sistem manajemennya.

D. Threat (Ancaman)
1. Banyak pesaing lain yang menciptakan jenis makanan cepat saji lain seperti ayam khentucky, burger,dll.
2.  Kelangkaan bahan baku ayam berkualitas.
3.  Masyarakat merasa takut mengkonsumsi ayam akibat merebaknya virus flu burung.
4. Banyak masyarakat yang beralih ke jenis makanan yang lebih sehat dan mulai meninggalkan mengkonsumsi “junk food”.
5.  Pedagang kaki lima yang menjual fried chicken dengan harga yang lebih terjangkau.
6. Banyak bermunculan produk tepung bumbu ayam goreng yang memungkinkan masayarakat lebih suka membuat fried chicken sendiri daripada membeli.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisis SWOT diatas dapat disimpulkan bahwa, perusahan KFC memiliki potensi yang cukup besar untuk mengembangkan visi dan misinya apabila perusahaan lebih memaksimalkan kekuatan dan peluang yang dimilikinya serta mampu menjadikan kelemahan dan ancaman tersebut menjadi sebuah tolak ukur bagi perusahaan kfc agar terus lebih baik lagi menjadi restoran cepat saji nomor satu.

Nah itu dia analisis SWOT dari restaurat cepat saji KFC, mohon maaf bila ada salah kata dan smpai jumpa di blog selanjutnya.


Maria Kristina.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4P KFC

Yuk,Telusuri 4P dari KFC Haii semuanya.. sekarang ini yukk kita pelajari 4P (Promotion,Place,Product, Price) dari KFC,. Tapi sebelumnya, yuk kita cari tahu dulu pengertian umum dari 4P pada Marketing PR : 1.        Product Menurut Teori produk adalah semua bentuk yang ditawarkan ke pasar untuk di konsumsi atau digunakan oleh konsumen sehingga memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Bentuk kebutuhan atau keinginan itu dapat berupa bentuk Fisik ataupun jasa. Adapun pengertian produk yang lain adalah suatu yang di produksi perusahaan yang akan di distribusikan. Kualitas suatu produk haruslah sangat bagus supaya produk tersebut dapat bersaing dipasaran. 2. Price (Harga) Harga yang dimaksud disini adalah jumlah uang yang harus di berikan customer kepada perusahaan untuk mendapatkan produk yang mereka inginkan. Pada poin ini perusahaan kalian harus berfikir bagaimana cara agar perusahaan kalian dapat membuat customer merasa uang yang mereka be...

AIDA KFC Choco Chick Spicy Chicken

Yeaay balik lagi nihh sama gue Mei, yang pada kesempatan kali ini bakal sedikit ngebahas tentang salah satu makanan cepat saji yang digemari diseluruh kalangan masyarakat Indonesia. Yes! Bener banget gue mau ngejelasin AIDA dari Restoran KFC( .... penasaran kan??? Yukk kita ulas sedikit tentang asal muasalnya . KFC (dulu dikenal dengan nama Kentucky Fried Chicken) adalah suatu merek dagang waralaba dari Yum! Brands, Inc., yang bermarkas di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat. Didirikan oleh Col. Harland Sanders, KFC dikenal terutama karena ayam gorengnya, yang biasa disajikan dalam "timba" (bucket) dari kertas karton. Col. Sanders mulai menjual ayam gorengnya pada tahun 1939 di restoran miliknya pada tepi jalan di Corbin, Kentucky yang selanjutnya pindah ke sebuah motel. Ia menutup usahanya pada akhir 1940-an sewaktu jalan tol Interstate melalui kotanya. Pada awal 1950-an, ia mulai berkeliling Amerika Serikat dan bertemu dengan Pete Harman di Salt Lake City, Utah, dan pa...