Langsung ke konten utama

4P McD

4P Marketing McDonald’s
1. Product
McDonald’s Indonesia merupakan restoran cepat saji pertama di Indonesia yang memperoleh sertifikat Halal sejak tahun 1994 dari MUI. Hal ini merupakan wujud komitmen McDonald’s kepada konsumen dalam menjamin kehalalan setiap produk yang disajikan dan juga bahan baku yang digunakan. Produk McDonald’s kini sudah memiliki banyak varian, tidak hanya menu Burger McDonald’s andalan di Luar Negara Indonesia. Tetapi kini McDonald’s Indonesia sudah mengembangkan menu yang dapat dikonsumsi setiap harinya oleh masyarakat Indonesia. Menu dari McDonald’s diadaptasi sesuai dengan Negara didunia, seperti di kota besar di Indonesia yang sehari-hari mengkonsumsi nasi dan mayoritas penduduknya beragama muslim. McDonald’s Indonesia tidak menyediakan daging babi, namun diganti dengan daging sapi atau daging ayam. Untuk di Negara Indonesia sendiri McDonald’s menawarkan menu PaNas atau Paket Nasi dengan Ayam + Minum dan Bubur Ayam Spesial
McDonald’s di Indonesia memiliki banyak menu, seperti Menu Sarapan, Happy Meal, Hemat Tiap Hari, Pencuci Mulut (Dessert) dan McCafe. Selain itu McDonald’s di Indonesia saat ini menawarkan dessert “Ini Rasa Kita”. Ini Rasa Kita adalah menu rasa khas Indonesia, seperti yang saat ini ditawarkan saat ini adalah Waffle Cone Gulali, Pai Mangga Susu, dan McFlurry Durian Cendol. McDonald’s di Indonesia pun pernah menawarkan menu khas Indonesia lainnya seperti, Ayam Kremes Spesial Sambal Matah, Nasi Uduk McD, Nasi Daging Tumis Cabe Ijo dan Burger Rendang.
Menu Andalan McDonald’s PaNas 1 (Paket Nasi Ayam + Minum), PaNas 2 (Paket 1 Nasi dengan 2 Ayam + Minum), PaNas Special (Paket Nasi Ayam + Telur Dadar + Minum) PaMer atau Paket Rame-Rame (Paket 3 Nasi + 5 Ayam + 3 Minum). Dan kini bagi pelanggan yang menyukai rasa pedas, ada menu baru yang ditawarkan McDonald’s yaitu Ayam Spicy McDonald’s. Menu paket nasi lainnya seperti, Black Pepper Rice Special, Bulgogi Beef Rice, Teriyaki Chicken Rice. Selain itu ada menu yang diminati anak-anak yaitu menu Happy Meal. Menu Happy Meal sebenarnya sama seperti Paket Nasi Ayam McD, namun hanya dilengkapi dengan mainan lucu dan unik sehingga menarik anak-anak.

2. Price
McDonald’s memberikan harga yang berbeda di setiap franchise yang ada di setiap Negara. McDonald’s menawarkan menu paket didiskon sehingga lebih murah dibandingkan membeli setiap item secara terpisah. Harga yang dipasarkan Mcdonald’s di Indonesia termasuk status ekonomi sosial kelas menengah. Seperti harga PaNas dibandrol mulai dari Rp. 30.000 – Rp. 42.000, Harga Paket Rame-Rame dibandrol mulai dari Rp. 102.000 dan Menu nasi lainnya seperti Bulgogi Beef Rice dan Teriyaki Chicken Rice dibandrol harga Rp. 21.000. Sedangkan menu burger dibandrol mulai dari Rp. 23.000 – Rp. 37.000.
*semua harga di atas belum termasuk pajak.

3. Place
McDonald’s baik di Indonesia ataupun di Negara Luar Indonesia memiliki tempat yang strategis di perkotaan, baik restoran McDonald’s dijalan utama perkotaan ataupun kios McDonald’s di dalam mall. Namun restoran McDonald’s menjadi tempat yang menghasilkan pendapatan penjualan yang lebih besar. Beberapa kios McDonald’s biasanya hanya menawarkan produk terbatas, yaitu dessert McDonald’s. Selain itu konsumen juga dapat menikmati produk McDonald’s melalui aplikasi resmi untuk pemesanan produk yaitu McDelivery Indonesia yang melibatkan restoran McDonald’s tersebut.

4. Promotion
Logo McDonald’s dengan huruf M berwarna kuning cerah cukup menarik konsumen, logo McDonald’s yang khas memudahkan masyarakat untuk mengingat, Selain itu slogan McDonald’s “I’m Lovin It” dalam iklannya yang menarik para konsumen untuk “lovin” produk McDonald’s. McDonald’s kini menggunakan media online sebagai promosi, Instagram dan Youtube adalah tempat promosi yang diandalkan McDonald’s Indonesia saat ini, seperti yang sedang dijalankan adalah Kejutan BigMacSong. Kejutan BigMacSong ini adalah program perayaan Big Mac 50 Tahun, dimana jika konsumen mengikuti challenge BigMacSong ini berkesempatan untuk tampil bareng GAC di video klip BigMacSong atau berkesempatan mendapatkan hadiah album ekskulisif satu set lengkap MacCoin, dengan cara mengunggah video di www.BigMacSong.co.id atau di Instagram @McDonaldsID. Di sisi lain promosi penjualan digunakan untuk lebih banyak pelanggan datang ke McDonald’s, dengan memberikan promo menarik untuk konsumen seperti Family Weekend, memberikan MacCoin ataupun produk paket gratis. Selain promo produk gratis, McDonald’s pun memasarkan produknya melalui kegiatan amal, menjadi sponsor di suatu kegiatan, merayakan ulang tahun anak di McDonald’s, pesan lebih banyak lebih hemat, flazz McDonald’s, dan menu dessert unik khas Indonesia di “Ini Rasa Kita”.

Penulis : Mayang syafa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4P KFC

Yuk,Telusuri 4P dari KFC Haii semuanya.. sekarang ini yukk kita pelajari 4P (Promotion,Place,Product, Price) dari KFC,. Tapi sebelumnya, yuk kita cari tahu dulu pengertian umum dari 4P pada Marketing PR : 1.        Product Menurut Teori produk adalah semua bentuk yang ditawarkan ke pasar untuk di konsumsi atau digunakan oleh konsumen sehingga memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Bentuk kebutuhan atau keinginan itu dapat berupa bentuk Fisik ataupun jasa. Adapun pengertian produk yang lain adalah suatu yang di produksi perusahaan yang akan di distribusikan. Kualitas suatu produk haruslah sangat bagus supaya produk tersebut dapat bersaing dipasaran. 2. Price (Harga) Harga yang dimaksud disini adalah jumlah uang yang harus di berikan customer kepada perusahaan untuk mendapatkan produk yang mereka inginkan. Pada poin ini perusahaan kalian harus berfikir bagaimana cara agar perusahaan kalian dapat membuat customer merasa uang yang mereka be...

SWOT KFC

haihaihai tak kenal maka tak sayang hehe... Perkenalin nama saya maria kristina sering dipanggil itin, Dalam blog ini saya akan mengnalisis SWOT restaurat cepat saji  KFC, Check it out. KFC sebagai perusahaan yang cukup besar dan terkenal di Indonesia, tentu memerlukan adanya analisis SWOT untuk memberikan kemudahan dalam mewujudkan visi dan misinya. Oleh karena itu, saya tertarik untuk melakukan analisis SWOT terhadap Perusahaan KFC   Tujuan Analisis SWOT Analisis SWOT mengarahkan analisis strategi dengan cara memfokuskan perhatian pada kekuatan ,kelemahan ,peluang dan ancaman yang merupakan hal yang kritis bagi keberhasilan perusahaan. Maka perlunya identifikasi terhadap peluang dan ancaman yang dihadapi serta kekutan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan melalui telaah terhadap lingkungan usaha dan potensi sumber daya perusahaan dalam menetapkan sasaran dan merumuskan strategi perusahaan yang realistis dalam mewujudkan misi dan visinya. Yuk kita mulai ... Analisi...

AIDA KFC Choco Chick Spicy Chicken

Yeaay balik lagi nihh sama gue Mei, yang pada kesempatan kali ini bakal sedikit ngebahas tentang salah satu makanan cepat saji yang digemari diseluruh kalangan masyarakat Indonesia. Yes! Bener banget gue mau ngejelasin AIDA dari Restoran KFC( .... penasaran kan??? Yukk kita ulas sedikit tentang asal muasalnya . KFC (dulu dikenal dengan nama Kentucky Fried Chicken) adalah suatu merek dagang waralaba dari Yum! Brands, Inc., yang bermarkas di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat. Didirikan oleh Col. Harland Sanders, KFC dikenal terutama karena ayam gorengnya, yang biasa disajikan dalam "timba" (bucket) dari kertas karton. Col. Sanders mulai menjual ayam gorengnya pada tahun 1939 di restoran miliknya pada tepi jalan di Corbin, Kentucky yang selanjutnya pindah ke sebuah motel. Ia menutup usahanya pada akhir 1940-an sewaktu jalan tol Interstate melalui kotanya. Pada awal 1950-an, ia mulai berkeliling Amerika Serikat dan bertemu dengan Pete Harman di Salt Lake City, Utah, dan pa...